Manusia titah Tuhan

Manusia Adalah Titah Tuhan

Selama ini kita sudah mengenal banyak orang dengan banyak sifat dan karakter yang berbeda- beda. Meskipun berbeda- beda kita masih mampu mengenali mereka, namun selama ini pula kita belum mampu mengenali diri kita sendiri.

Menurut Ki Hajar Dewantara “Manusia adalah titah Tuhan Yang Maha Esa yang terdiri atas raga kasar dan raga halus”, raga kasar yang dimaksud ajalah jasmani/ badan kita yang kelihatan ini sedangkan raga halus adalah yang tidak kelihatan yaitu ruh. Raga kasar maupun raga halus berasal dari Tuhan, Jika kita ingin mengenali Tuhan maka kita harus bisa mengenali diri kita sendiri. Sebagai umat manusia hendaknya kita mengenali diri kita sendiri baik kekurangan maupun kelebihan kita, jangan hanya pandai menilai orang lain namun sejatinya tidak bisa mengendalikan maupun mengenali dirinya sendiri. Manusia memiliki banyak potensi didalam dirinya seperti ketika mendapatkan masalah manusia mampu menyelaiknnya dengan baik.


            “siapa yang mengenali diri sendiri makan ia akan mengenali Tuhannya” seperti sifat-sifat Allah yang   sering kita lantunkan yaitu Asmaul Husna sebetulnya juga tercermin dan ada pada diri kita, seperti Ar-rahman yang berarti pengasih. Sifat ini sejatinya juga ada pada diri manusia yaitu kasih terhadap sesama.

Komentar

Postingan Populer